Definisi Scratch, Cara Membuat Hingga Manfaatnya

ONESHINEEDU, JAKARTA - Scratch adalah sebuah bahasa pemrograman visual untuk lingkungan pembelajaran.

Dimana memungkinkan pemula (entah murid, guru, pelajar, atau orangtua) untuk belajar membuat program tanpa harus memikirkan salah-benar penulisan sintaksis.

Mengutip Wikipedia, layanan ini dikembangkan oleh MIT Media Lab, dan telah diterjemahkan ke lebih dari 60 bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

Scratch diajarkan dan digunakan di sekolah, perguruan tinggi, serta lembaga pengetahuan publik lainnya.

BACA JUGA: 15 Link Coding untuk Anak, Langsung Akses Lamannya!

Pada September 2020, statistik kunjungan di situs web resmi menunjukkan lebih dari 59 juta proyek dibagikan oleh lebih dari 58 juta pengguna, dan terdapat hampir 36 juta kunjungan ke situs web per-bulan.

Scratch didesain untuk menjadi asyik, edukatif, dan mudah untuk dipelajari.

Scratch bisa digunakan untuk membuat cerita interaktif, permainan, seni (art), simulator, dan masih banyak lagi.

Scratch bahkan mempunyai editor menggambar dan editor suara sendiri.

Antarmuka Scratch dibagi menjadi tiga bagian utama: area panggungpalet blok, dan area pengkodean untuk menempatkan dan mengatur blok menjadi skrip yang dapat dijalankan dengan menekan bendera hijau atau mengklik kode itu sendiri.

Pengguna juga dapat membuat blok kode mereka sendiri dan mereka akan muncul di "Blok Saya".

Area panggung menampilkan hasil (misalnya, animasi, baik dalam ukuran kecil atau normal, dengan opsi layar penuh juga tersedia) dan semua thumbnail sprite dicantumkan di area bawah.

Area panggung menggunakan koordinat x dan y, dengan 0,0 sebagai pusat panggung.

Dengan sprite yang dipilih di bagian bawah area panggung, blok perintah dapat diterapkan padanya dengan menyeretnya dari palet blok ke dalam area pengkodean.

Tab Kostum memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan sprite untuk menciptakan berbagai efek, termasuk animasi.

Tab Sounds (suara) memungkinkan untuk memasukan suara dan musik ke sprite.

Saat membuat sprite dan latar belakang, pengguna dapat menggambar sprite mereka sendiri secara manual, memilih Sprite dari perpustakaan, atau mengunggah gambar.
KategoriCatatanKategoriCatatan
MotionPergerakan sprite seperti sudut dan posisiSensingMemungkinkan sprite berinteraksi dengan lingkungan sekitar
LooksMengontrol kenampakan spriteOperatorsOperator matematika, perbandingan
SoundsMemutar audio dan efekVariablesMembuat variabel dan daftar
EventsPenanganan peristiwaMy BlocksMengizinkan membuat fungsi yang tidak memiliki nilai kembali
ControlKondisional, perulangan dll.ExtensionsDijelaskan dibawah
Pengeditan offline

Editor desktop offline tersedia untuk Microsoft Windows 10 di Microsoft Store dan macOS 10.13 Apple.

Hal ini memungkinkan untuk membuat program Scratch secara lokal, tanpa koneksi Internet.

Editor offline juga dapat diunduh dalam versi sebelumnya, seperti Scratch 2.0 dan Scratch 1.4.

ekstensi

Di Scratch, ekstensi dapat menambahkan blok dan berbagai fitur tambahan yang dapat digunakan dalam proyek.

Di Scratch 2.0 dan 3.0, semua ekstensi berbasis perangkat keras.

Ekstensi berbasis perangkat lunak ditambahkan di Scratch 3.0, seperti text-to-speech, bersama dengan beberapa ekstensi berbasis perangkat keras baru seperti mikro: bit.

Semua ekstensi tercantum di bawah ini:

Ekstensi fisik

- LEGO Mindstorms EV3, mengendalikan motor dan menerima data sensor dari Lego Mindstorms EV3
- Makey Makey, menggunakan Makey Makey untuk mengontrol proyek
- LEGO Education WeDo 2.0, mengendalikan motor dan menerima data sensor dari Lego WeDo
- Lego Education SPIKE Prime, bahasa pemrograman utama untuk Lego SPIKE Prime, termasuk mengontrol motor dan penerimaan data sensor
- BBC micro:bit, menggunakan BBC micro: bit untuk mengontrol proyek
- Lego BOOST
- Go Direct Force & Acceleration, merasakan dorongan, gerakan, dan berputar.

Ekstensi digital

Banyak ekstensi digital di Scratch 3.0 dulunya merupakan blok biasa yang dipindahkan ke bagian ekstensi untuk merapihkan palet kode.

- Musik, memainkan instrumen digital (drum, terompet, biola, piano, dan lainnya)
- Pen, menggambar di panggung dengan berbagai ketebalan dan warna
- Video Sensing, mendeteksi gerakan dengan kamera.

Berbagai ekstensi digital baru juga telah ditambahkan dalam kolaborasi dengan perusahaan komersial:

- Text to Speech, mengonversi kata-kata dalam teks menjadi suara (disediakan oleh Amazon)
- Translate, menggunakan Google Terjemahan untuk menerjemahkan teks dari satu bahasa ke berbagai bahasa lain, termasuk bahasa Arab, China, Belanda, Inggris, Prancis, Yunani, dan Jepang.

Pengguna juga dapat membuat ekstensi mereka sendiri untuk Scratch 3.0 menggunakan JavaScript.

Komunitas pengguna

Scratch digunakan di banyak tempat yang berbeda: sekolah, museum, perpustakaan, pusat komunitas, dan rumah.

Meskipun kelompok usia pengguna Scratch yang ditargetkan adalah 8–16 tahun, tetapi digunakan oleh semua usia.

Scratch juga telah dibuat untuk pendidik dan orang tua. Jangkauan yang luas ini telah melahirkan banyak komunitas pengguna, baik fisik maupun digital.

Pada bulan April 2020, peringkat Tiobe untuk bahasa pemrograman dunia memasukkan Scratch ke dalam 20 besar.

Menurut Tiobe, ada 50 juta proyek yang ditulis di Scratch, dan setiap bulan satu juta proyek baru ditambahkan.

Pendidikan

Scratch populer di Inggris dan Amerika Serikat melalui ekskul pemograman.

Scratch digunakan sebagai bahasa pengantar karena pembuatan program di Scratch menarik relatif mudah, dan keterampilan yang dipelajari dapat diterapkan pada bahasa pemrograman lain seperti Python dan Java.

Scratch tidak hanya digunakan untuk membuat game. Programmer juga dapat membuat animasi, teks, cerita, musik, dan lainnya.

Sudah banyak program yang dapat digunakan siswa untuk mempelajari topik matematika, sejarah, dan bahkan fotografi.

Scratch memungkinkan guru membuat pelajaran konseptual dan visual serta tugas lab sains dengan animasi yang membantu memvisualisasikan konsep yang sulit.

Dalam ilmu sosial, instruktur dapat membuat kuis, permainan, dan tutorial dengan elemen interaktif.

Menggunakan Scratch memungkinkan kaum muda untuk memahami logika pemrograman dan bagaimana mereka berkolaborasi dengan sesama secara kreatif.

Scratch diajarkan oleh lebih dari 800 sekolah dan 70 perguruan tinggi organisasi DAV di India dan di seluruh dunia.[

Di pendidikan tinggi, Scratch digunakan pada minggu pertama kursus pengantar ilmu komputer CS50 di Universitas Harvard.

Komunitas Online

Di Scratch, pengguna memiliki kemampuan untuk membagikan proyek mereka dan mendapatkan umpan balik.

Proyek dapat diunggah langsung dari lingkungan pengembangan ke situs web Scratch dan setiap anggota komunitas dapat mengunduh kode sumber lengkap untuk dipelajari atau digabungkan ke dalam proyek baru.

Anggota juga dapat membuat studio proyek, memberi komentar, memberi tag, favorit, dan "menyukai" proyek orang lain, mengikuti anggota lain untuk melihat proyek dan aktivitas mereka, dan berbagi ide.

Proyek berkisar dari permainan, animasi, hingga alat praktis. Selain itu, untuk mendorong kreasi dan berbagi di antara pengguna, situs web ini sering membuat tantangan yang bernama "Scratch Design Studio".

Tim Scratch MIT bekerja untuk memastikan bahwa komunitas ini memelihara lingkungan yang bersahabat dan menghormati semua orang.

Pendidik memiliki komunitas online mereka sendiri yang disebut ScratchEd, dikembangkan dan didukung oleh Sekolah Pascasarjana Pendidikan Harvard.

Dalam komunitas ini, pengajar Scratch berbagi cerita, bertukar pikiran, dan mengajukan pertanyaan.

Scratch wiki

Scratch Wiki adalah sumber informasi Scratch, situs webnya, sejarah, dan fenomena yang mengelilinginya.

Meskipun didukung oleh Scratch Team (pengembang Scratch), Scratch wiki terutama ditulis oleh Scratchers (pengguna Scratch) untuk informasi mengenai program dan situs web.

Pengembang

Baik Scratch 2.0 dan 3.0 adalah open source di GitHub, dan pengembang dapat berkontribusi untuk Scratch.


Cara Membuat Game di Scratch

Dirangkum dari idtech.com, berikut cara membuat game di Scratch:

1. Mencari Ide

Langkah pertama, cari ide dan bertukar pikiran atau brainstorming.

Pengembang harus mengidentifikasi tujuan dan jenis dari permainan.

Kemudian, pikirkan apa yang membuat gim tersebut sulit dan menantang.

2. Tambah Latar Belakang
Sekarang, mulai membuat gim yang diawali dengan menambahkan latar belakang.

Pada halaman utama Scratch, ketuk tombol 'Choose a backdrop' yang ada di pojok kanan bawah untuk menemukan opsi latar belakang.

Unggah juga latar belakang yang dimiliki dengan mengetuk tombol 'Upload'.

3. Tambahkan Sprite

Sprite adalah elemen penting untuk gim di Scratch.

Sprite dapat dibuat khusus atau memilih opsi yang tersedia di platform ini.

4. Masukkan Kode

Apabila latar belakang dan Sprite sudah siap, lalu masukkan kode.

Kode pertama yang perlu ditambahkan adalah kapan pemain harus memulai, yaitu dengan menambahkan bendera hijau.

Selanjutnya, masukkan kode-kode lain yang dibutuhkan dalam permainan yang dibuat hingga selesai.

Pemain bisa melihat pratinjau gim yang selesai dibuat apakah kode sudah sesuai atau belum.

5. Tambahkan Suara

Tambahkan juga suara agar gim lebih hidup.

Pengguna bisa menambahkan suara efek dan latar belakang gim.

6. Simpan

Terakhir, simpan gim yang sudah dibuat.

Pemain bisa membagikan gim tersebut di situs masing-masing agar bisa dimainkan banyak orang.

Manfaat Scratch

Aplikasi Scratch dipilih karena kemudahannya dalam pengoprasianya, cocok untuk semua usia, dan memfasilitasi berbagi kreatif.

Dengan Scratch, siswa dapat mempelajari dasar-dasar pemrograman dan desain dengan mudah.

Ini merupakan cara yang sangat baik untuk memperkenalkan anak-anak pada dunia ilmu komputer.

Tentang One Shine Edu

Bergabunglah dengan program les privat One Shine Edu dan mulailah perjalanan menuju prestasi akademik yang cemerlang!

Kami One Shine Edu siap membimbing anak untuk bisa belajar dengan menyediakan tenaga pengajar yang berkualitas, berkompeten dan berdedikasi.

Hal itu untuk memastikan pemahaman konsep dan peningkatan prestasi siswa.

Sistem pembelajaran One Shine Edu

1). Online

Layanan les privat online one on one di One Shine Edu dengan metode pembelajaran yang sangat mudah.

Kapanpun dan dimanapun, siswa dibimbing dengan guru berkualifikasi tinggi.

Kami menyediakan pembelajaran tatap muka secara langsung dari rumah melalui Google Meet dan Zoom meeting.

Guru yang berpersonalisasi tinggi ini untuk meraih hasil optimal.

Dengan guru berkualitas dan memenuhi persyaratan dalam mengajar online.

2). Offline

Layanan les privat offline yang menjangkau di seluruh Indonesia.

Guru berkualitas tinggi akan datang langsung ke lokasi Anda, memberikan pembelajaran tatap muka yang personal dan efektif.

Dengan pendekatan khusus, kami siap membantu meraih kesuksesan akademis maupun non-akademis.

Hubungkan diri Anda dengan guru terbaik, tingkatkan pemahaman, dan raih prestasi optimal.

Multibahasa

Sudah menjadi kenyataan bahwa dalam era globalisasi seperti sekarang ini, kemampuan berbahasa tidak hanya merupakan keahlian yang berguna, tetapi juga menjadi kebutuhan yang penting.

Dalam dunia yang semakin terhubung ini, mampu berkomunikasi dalam berbagai bahasa dapat memberi keuntungan yang besar dalam berbagai aspek kehidupan.

Baik itu dalam karir, hubungan sosial, maupun perjalanan.

Itulah mengapa One Shine Edu hadir untuk membantu Anda dalam belajar bahasa.

One Shine Edu adalah platform pembelajaran multibahasa yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pelajar bahasa dari berbagai latar belakang dan tingkat kemampuan.

Dengan pendekatan yang inovatif dan beragam metode pengajaran, One Shine Edu memiliki visi untuk membantu Anda dalam memperoleh kemampuan berbahasa yang kuat dan beragam.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami di:

Home: Jalan H Gemin 1, Kp. Cakung, Kelurahan Jatikramat, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Email: oneshineeduconsultant@gmail.com

Phone/WhatsApp: +6281389851615

Bisa juga mengunjungi media sosial (Medsos) kami di:

TikTok : @oneshineedu.id

Instagram : @oneshineedu.id

YouTube : OneShine Edu

X (Twitter) : @OneShineEdu

(OSE)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *