Shine Brighter, Grab the Gold! 9 Beasiswa di Bulan Februari 2024

Hai, Shiners! Apakah kamu sedang mencari beasiswa untuk melanjutkan pendidikanmu di jenjang D3, D4, atau S1? Jika iya, kamu beruntung karena ada banyak beasiswa yang bisa kamu pilih di tahun 2024 ini. Beasiswa-beasiswa ini tidak hanya memberikan bantuan biaya pendidikan, tetapi juga berbagai manfaat lain seperti uang saku, bonus TOEFL, pelatihan, dan kesempatan untuk mengembangkan diri dan berkontribusi bagi masyarakat. 

Kali ini, kita akan membahas beberapa beasiswa yang buka di bulan Februari 2024. Penasaran apa saja beasiswa-nya? Yuk, simak ulasan berikut!

  1. Beasiswa Bank Indonesia (BI)

Beasiswa BI adalah program beasiswa yang diberikan oleh Bank Indonesia untuk mendukung pengembangan generasi muda masa depan yang unggul dan kompetitif. Beasiswa ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu beasiswa unggulan dan beasiswa reguler. Beasiswa unggulan diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi dan ingin mendapat dana tunjangan dari Bank Indonesia, sedangkan beasiswa reguler diberikan kepada mahasiswa yang mengalami kesulitan di bidang ekonomi.

Beasiswa BI ditujukan untuk mahasiswa aktif yang telah menyelesaikan 40 SKS (S1) atau 24 SKS (D3), tidak sedang menerima beasiswa atau ikatan dinas dari lembaga lain, memiliki IPK minimal 3,00 (PTN) atau 3,25 (PTS), aktif dalam organisasi atau kegiatan sosial, dan bersedia berperan aktif dalam Generasi Baru Indonesia (GenBI). Beberapa disiplin ilmu yang didukung oleh beasiswa ini antara lain adalah Akuntansi, Pertanian, Perikanan, Peternakan, Arsitektur, Seni dan Budaya, Seni dan Desain, Biologi, Kimia, Komunikasi, Ekonomi, Pendidikan, Teknik, Bahasa Inggris, Manajemen Keuangan, Kehutanan, Geografi, Sosiologi, Antropologi, Kesehatan/Medis, Sejarah, Teknologi/ICT, Manajemen, Matematika, Fisika, dan Statistik.

Jumlah beasiswa yang diberikan oleh BI adalah sebesar Rp 750.000 per bulan yang dibayarkan langsung ke rekening penerima beasiswa setiap bulan. Selain itu, penerima beasiswa juga mendapat kesempatan untuk mengikuti pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia.

Untuk mendaftar beasiswa BI, kamu harus berkoordinasi dengan kampus atau sekolah yang sudah bekerjasama dengan Bank Indonesia. Kamu juga harus mengisi formulir pendaftaran online melalui website Generasi Baru Indonesia. Beberapa dokumen yang harus kamu siapkan antara lain adalah surat keterangan tidak mampu (SKTM) atau surat rekomendasi kondisi ekonomi dari kampus, transkrip nilai terakhir, surat keterangan aktif kuliah, surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa atau ikatan dinas dari lembaga lain, surat rekomendasi (tokoh akademik atau non-akademik), resume pribadi dan surat motivasi, fotokopi KTP/KK, dan tagihan listrik (dua bulan terakhir).

Beasiswa BI dibuka setiap tahun dengan periode pendaftaran yang berbeda-beda. Untuk tahun 2024, pendaftaran beasiswa BI dibuka pada bulan Januari dan Juni. Kamu bisa mengikuti informasi terbaru tentang beasiswa BI melalui website Generasi Baru Indonesia atau media sosial resmi Bank Indonesia.

  1. Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

Beasiswa LPDP adalah program beasiswa yang dikelola oleh LPDP Kementerian Keuangan Republik Indonesia untuk masyarakat Indonesia yang ingin mengembangkan karier, pengalaman, dan jaringan di dalam dan luar negeri. Beasiswa ini memiliki berbagai skema, antara lain adalah beasiswa reguler, afirmasi, targeted, dan kolaborasi. Beasiswa reguler adalah beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi utama dunia (PTUD) atau perguruan tinggi dalam negeri yang terakreditasi A. Beasiswa afirmasi adalah beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang berasal dari daerah-daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T), Papua, penyandang disabilitas, dan prasejahtera. Beasiswa targeted adalah beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang ingin mengambil program studi yang sesuai dengan prioritas pembangunan nasional. Beasiswa kolaborasi adalah beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang ingin mengambil program studi yang bekerjasama dengan mitra LPDP, seperti Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Riset dan Teknologi, dan lain-lain.

Beasiswa LPDP ditujukan untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di jenjang S2 atau S3, baik di dalam maupun luar negeri. Persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh calon penerima beasiswa adalah sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia yang memiliki integritas, komitmen, dan potensi untuk menjadi pemimpin dan agen perubahan.
  2. Memiliki IPK minimal 3,00 (S1) atau 3,25 (S2) untuk beasiswa reguler dan afirmasi, atau 3,50 (S1) atau 3,75 (S2) untuk beasiswa targeted dan kolaborasi.
  3. Memiliki skor TOEFL ≥ 500 (IPBT/ITP), iBT ≥ 61, CBT ≥ 173 dan IELTS ≥ 6,0 untuk beasiswa reguler dan afirmasi, atau TOEFL ≥ 550 (IPBT/ITP), iBT ≥ 79, CBT ≥ 213 dan IELTS ≥ 6,5 untuk beasiswa targeted dan kolaborasi.
  4. Memiliki surat rekomendasi dari tokoh akademik dan non-akademik.
  5. Memiliki surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa dari lembaga lain.
  6. Memiliki surat pernyataan bersedia kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan studi dan mengabdi sesuai dengan masa bantuan beasiswa.
  7. Memiliki surat pernyataan bersedia menandatangani perjanjian penerimaan beasiswa dengan LPDP.
  8. Memiliki surat pernyataan bersedia mengikuti seluruh proses seleksi dan kegiatan yang diselenggarakan oleh LPDP.

Jumlah beasiswa yang diberikan oleh LPDP adalah sesuai dengan kebutuhan biaya pendidikan yang meliputi biaya kuliah, biaya hidup, biaya buku, biaya penelitian, biaya asuransi kesehatan, biaya visa, biaya tiket pesawat, dan biaya lain yang relevan. Selain itu, penerima beasiswa juga mendapat kesempatan untuk mengikuti program-program pengembangan diri dan kepemimpinan yang diselenggarakan oleh LPDP.

Untuk mendaftar beasiswa LPDP, kamu harus mengisi formulir pendaftaran online melalui website LPDP. Kamu juga harus mengunggah dokumen-dokumen yang dibutuhkan, seperti transkrip nilai, sertifikat bahasa Inggris, surat rekomendasi, surat pernyataan, dan lain-lain. Setelah itu, kamu akan mengikuti tahapan seleksi yang terdiri dari seleksi administrasi, seleksi bakat skolastik, dan seleksi substansi.

Beasiswa LPDP dibuka setiap tahun dengan periode pendaftaran yang berbeda-beda. Untuk tahun 2024, pendaftaran beasiswa LPDP dibuka pada 12 Januari dan 19 Juni. Kamu bisa mengikuti informasi terbaru tentang beasiswa LPDP melalui website LPDP atau media sosial resmi LPDP.

  1. Beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya 2023

Beasiswa ini diberikan oleh Pemerintah Kota Surabaya kepada mahasiswa S1 yang ber-KTP Surabaya dan kuliah di PTN yang telah bekerjasama dengan Pemkot Surabaya. Beasiswa ini merupakan program untuk mengentas kemiskinan dan memberikan akses pendidikan tinggi yang seluas-luasnya bagi keluarga miskin di Surabaya. Beasiswa ini mencakup biaya perkuliahan, uang saku, dan biaya penunjang perkuliahan. Beasiswa ini juga memberikan kesempatan bagi penerima beasiswa untuk mengikuti berbagai kegiatan pengembangan diri dan sosial.

Beberapa syarat untuk mengikuti beasiswa ini adalah:

  1. Memiliki KTP Surabaya
  2. Mahasiswa PTN yang telah bekerjasama dengan Pemkot Surabaya
  3. Tidak sedang mendapat beasiswa dari instansi lain
  4. Diprioritaskan untuk mahasiswa dengan keterbatasan ekonomi
  5. Mengisi form dan mengunggah file persyaratan melalui 2

Pendaftaran beasiswa ini dibuka hingga 20 Agustus 2023. Kamu bisa mendaftar melalui link ini 3. Jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya!

  1. Beasiswa Sobat Bumi 2024

Beasiswa ini diberikan oleh Pertamina Foundation kepada mahasiswa D3-S1 yang peduli terhadap lingkungan. Beasiswa ini merupakan apresiasi kepada mahasiswa yang berprestasi secara akademik, aktif dalam organisasi sosial atau lingkungan, dan memiliki karya tulis dengan tema "Kontribusiku untuk Pencapaian Zero Emission". Beasiswa ini meliputi bantuan biaya pendidikan/UKT, bantuan biaya hidup, dan capacity building. Beasiswa ini juga memberikan koneksi dengan mahasiswa seluruh Indonesia, Pertamina Grup, dan binaan Pertamina Foundation.

Beberapa syarat untuk mengikuti beasiswa ini adalah:

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Mahasiswa aktif minimal semester 2 dan maksimal semester 6 dengan IPK terakhir lebih dari 3,00
  3. Mahasiswa dari mitra perguruan tinggi beasiswa Sobat Bumi
  4. Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak manapun mulai periode Januari - Desember 2024
  5. Tidak pernah terlibat penyalahgunaan obat terlarang, narkoba, dan tindakan kriminal
  6. Memiliki sertifikat TOEFL dan IELTS menjadi nilai tambah
  7. Membuat karya tulis dengan tema "Kontribusiku untuk Pencapaian Zero Emission" minimal 3 halaman A4 spasi 1,5
  8. Aktif mengikuti organisasi sosial kemasyarakatan atau lingkungan hidup

Pendaftaran beasiswa ini dibuka hingga 28 Februari 2024. Kamu bisa mendaftar melalui link ini 4. Jangan ragu untuk bergabung dengan beasiswa Sobat Bumi dan berkontribusi untuk energi baru dan terbarukan!

  1. Beasiswa Van Deventer-Maas Indonesia (VDMI)

Beasiswa VDMI adalah program beasiswa yang diberikan oleh Van Deventer-Maas Stichting, sebuah yayasan yang mendukung pendidikan masyarakat Indonesia. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu, memiliki IPK tinggi, dan aktif dalam organisasi atau kegiatan sosial.

Beasiswa VDMI ditujukan untuk mahasiswa aktif yang telah menyelesaikan 40 SKS (S1/D4) atau 24 SKS (D3), tidak sedang menerima beasiswa atau ikatan dinas dari lembaga lain, dan berusia maksimal 27 tahun. Beberapa disiplin ilmu yang didukung oleh beasiswa ini antara lain adalah Akuntansi, Pertanian, Perikanan, Peternakan, Arsitektur, Seni dan Budaya, Seni dan Desain, Biologi, Kimia, Komunikasi, Ekonomi, Pendidikan, Teknik, Bahasa Inggris, Manajemen Keuangan, Kehutanan, Geografi, Sosiologi, Antropologi, Kesehatan/Medis, Sejarah, Teknologi/ICT, Manajemen, Matematika, Fisika, dan Statistik.

Jumlah beasiswa yang diberikan oleh VDMI adalah sebesar Rp 750.000 per bulan yang dibayarkan langsung ke rekening penerima beasiswa setiap bulan. Selain itu, penerima beasiswa juga mendapat kesempatan untuk mengikuti pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh VDMI, seperti Akademi Kewirausahaan, Akademi Teknologi, dan Akademi Leadership. Penerima beasiswa juga mendapat bonus TOEFL sebesar Rp 400.000 jika memiliki skor minimal 500 dan bonus lulus tepat waktu sebesar Rp 700.000.

Untuk mendaftar beasiswa VDMI, kamu harus berkoordinasi dengan kampus atau sekolah yang sudah bekerjasama dengan VDMI. Kamu juga harus mengisi formulir pendaftaran online melalui website VDMI. Beberapa dokumen yang harus kamu siapkan antara lain adalah surat keterangan tidak mampu (SKTM) atau surat rekomendasi kondisi ekonomi dari kampus, transkrip nilai terakhir, surat keterangan aktif kuliah, surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa atau ikatan dinas dari lembaga lain, surat rekomendasi (tokoh akademik atau non-akademik), resume pribadi dan surat motivasi, fotokopi KTP/KK, dan tagihan listrik (dua bulan terakhir).

Beasiswa VDMI dibuka setiap tahun dengan periode pendaftaran yang berbeda-beda. Untuk tahun 2024, pendaftaran beasiswa VDMI dibuka pada 10 Februari dan 10 Agustus. Kamu bisa mengikuti informasi terbaru tentang beasiswa VDMI melalui website VDMI atau media sosial resmi VDMI.

  1. Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE)

Beasiswa KSE adalah program beasiswa yang diberikan oleh Yayasan Karya Salemba Empat untuk mendukung pengembangan generasi muda masa depan yang unggul dan kompetitif. Beasiswa ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu beasiswa reguler dan beasiswa unggul. Beasiswa reguler diberikan kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu, memiliki IPK tinggi, dan aktif dalam organisasi atau kegiatan sosial. Beasiswa unggul diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi dan ingin mendapat dana tunjangan dari KSE.

Beasiswa KSE ditujukan untuk mahasiswa aktif yang telah menyelesaikan 40 SKS (S1/D4) atau 24 SKS (D3), tidak sedang menerima beasiswa atau ikatan dinas dari lembaga lain, dan berusia maksimal 27 tahun. Beberapa disiplin ilmu yang didukung oleh beasiswa ini antara lain adalah Akuntansi, Pertanian, Perikanan, Peternakan, Arsitektur, Seni dan Budaya, Seni dan Desain, Biologi, Kimia, Komunikasi, Ekonomi, Pendidikan, Teknik, Bahasa Inggris, Manajemen Keuangan, Kehutanan, Geografi, Sosiologi, Antropologi, Kesehatan/Medis, Sejarah, Teknologi/ICT, Manajemen, Matematika, Fisika, dan Statistik.

Jumlah beasiswa yang diberikan oleh KSE adalah sebesar Rp 750.000 per bulan yang dibayarkan langsung ke rekening penerima beasiswa setiap bulan. Selain itu, penerima beasiswa juga mendapat kesempatan untuk mengikuti pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh KSE, seperti Akademi Kewirausahaan, Akademi Teknologi, dan Akademi Leadership. Penerima beasiswa juga mendapat bonus TOEFL sebesar Rp 400.000 jika memiliki skor minimal 500 dan bonus lulus tepat waktu sebesar Rp 700.000.

Untuk mendaftar beasiswa KSE, kamu harus berkoordinasi dengan kampus atau sekolah yang sudah bekerjasama dengan KSE. Kamu juga harus mengisi formulir pendaftaran online melalui website Beasiswa KSE. Beberapa dokumen yang harus kamu siapkan antara lain adalah surat keterangan tidak mampu (SKTM) atau surat rekomendasi kondisi ekonomi dari kampus, transkrip nilai terakhir, surat keterangan aktif kuliah, surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa atau ikatan dinas dari lembaga lain, surat rekomendasi (tokoh akademik atau non-akademik), resume pribadi dan surat motivasi, fotokopi KTP/KK, dan tagihan listrik (dua bulan terakhir).

Beasiswa KSE dibuka setiap tahun dengan periode pendaftaran yang berbeda-beda. Untuk tahun 2024, pendaftaran beasiswa KSE dibuka pada 10 Februari dan 10 Agustus. Kamu bisa mengikuti informasi terbaru tentang beasiswa KSE melalui website Beasiswa KSE atau media sosial resmi KSE.

  1. Ajinomoto Scholarship 2025 to Japan

Beasiswa ini diberikan oleh PT Ajinomoto Indonesia melalui Ajinomoto Foundation kepada mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studi S2 di Jepang. Beasiswa ini sudah berjalan sejak tahun 2010 dan merupakan program Full Scholarship. Artinya, kamu akan mendapatkan tunjangan bulanan, biaya pendaftaran, biaya kuliah, biaya ujian, dan tiket pesawat ke Jepang. Beasiswa ini berlaku untuk 7 pilihan universitas di Jepang, yaitu:

  1. University of Tokyo
  2. Kyoto University
  3. Ochanomizu University
  4. Kagawa Nutrition University
  5. Nagoya University
  6. Waseda University
  7. Institute of Science Tokyo

Untuk mengikuti beasiswa ini, kamu harus memenuhi beberapa syarat, antara lain:

  1. Memiliki KTP Indonesia
  2. Berminat melanjutkan studi S2 di bidang Teknologi Pangan, Gizi, atau Teknologi Produk Pertanian
  3. Memiliki IPK minimal 3,70
  4. Berusia maksimal 35 tahun
  5. Bersedia belajar bahasa dan budaya Jepang
  6. Sehat jasmani dan rohani
  7. Memiliki motivasi tinggi untuk belajar

Pendaftaran beasiswa ini dibuka hingga 5 Maret 2024. Kamu bisa mendaftar melalui link ini 1. Jangan lewatkan kesempatan emas ini untuk meraih gelar master di Jepang bersama Ajinomoto Scholarship!

  1. Beasiswa Türkiye

Beasiswa Türkiye adalah program beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Turki untuk mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi utama Turki. Beasiswa ini memiliki berbagai skema, antara lain adalah beasiswa reguler, beasiswa afirmasi, beasiswa targeted, dan beasiswa kolaborasi. Beasiswa reguler adalah beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di jenjang S1, S2, atau S3, baik di dalam maupun luar negeri. Beasiswa afirmasi adalah beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang berasal dari daerah-daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T), Papua, penyandang disabilitas, dan prasejahtera. Beasiswa targeted adalah beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang ingin mengambil program studi yang sesuai dengan prioritas pembangunan nasional. Beasiswa kolaborasi adalah beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang ingin mengambil program studi yang bekerjasama dengan mitra Türkiye, seperti Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Riset dan Teknologi, dan lain-lain.

Beasiswa Türkiye ditujukan untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di jenjang S1, S2, atau S3, baik di dalam maupun luar negeri. Persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh calon penerima beasiswa adalah sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia yang memiliki integritas, komitmen, dan potensi untuk menjadi pemimpin dan agen perubahan.
  2. Memiliki IPK minimal 3,00 (S1) atau 3,25 (S2) untuk beasiswa reguler dan afirmasi, atau 3,50 (S1) atau 3,75 (S2) untuk beasiswa targeted dan kolaborasi.
  3. Memiliki skor TOEFL ≥ 500 (IPBT/ITP), iBT ≥ 61, CBT ≥ 173 dan IELTS ≥ 6,0 untuk beasiswa reguler dan afirmasi, atau TOEFL ≥ 550 (IPBT/ITP), iBT ≥ 79, CBT ≥ 213 dan IELTS ≥ 6,5 untuk beasiswa targeted dan kolaborasi.
  4. Memiliki surat rekomendasi dari tokoh akademik dan non-akademik.
  5. Memiliki surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa dari lembaga lain.
  6. Memiliki surat pernyataan bersedia kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan studi dan mengabdi sesuai dengan masa bantuan beasiswa.
  7. Memiliki surat pernyataan bersedia menandatangani perjanjian penerimaan beasiswa dengan Türkiye.
  8. Memiliki surat pernyataan bersedia mengikuti seluruh proses seleksi dan kegiatan yang diselenggarakan oleh Türkiye.

Jumlah beasiswa yang diberikan oleh Türkiye adalah sesuai dengan kebutuhan biaya pendidikan yang meliputi biaya kuliah, biaya hidup, biaya buku, biaya penelitian, biaya asuransi kesehatan, biaya visa, biaya tiket pesawat, dan biaya lain yang relevan. Selain itu, penerima beasiswa juga mendapat kesempatan untuk mengikuti program-program pengembangan diri dan kepemimpinan yang diselenggarakan oleh Türkiye.

Untuk mendaftar beasiswa Türkiye, kamu harus mengisi formulir pendaftaran online melalui website Türkiye Scholarships. Kamu juga harus mengunggah dokumen-dokumen yang dibutuhkan, seperti transkrip nilai, sertifikat bahasa Inggris, surat rekomendasi, surat pernyataan, dan lain-lain. Setelah itu, kamu akan mengikuti tahapan seleksi yang terdiri dari seleksi administrasi, seleksi bakat skolastik, dan seleksi substansi.

Beasiswa Türkiye dibuka setiap tahun dengan periode pendaftaran yang berbeda-beda. Untuk tahun 2024, pendaftaran beasiswa Türkiye dibuka pada 15 Januari dan 20 Februari. Kamu bisa mengikuti informasi terbaru tentang beasiswa Türkiye melalui website Türkiye Scholarships atau media sosial resmi Türkiye.

  1. Beasiswa Australia Awards Scholarships (AAS)

Beasiswa AAS adalah program beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Australia untuk mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi utama Australia. Beasiswa ini memiliki berbagai skema, antara lain adalah beasiswa reguler, beasiswa afirmasi, beasiswa targeted, dan beasiswa kolaborasi. Beasiswa reguler adalah beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di jenjang S1, S2, atau S3, baik di dalam maupun luar negeri. Beasiswa afirmasi adalah beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang berasal dari daerah-daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T), Papua, penyandang disabilitas, dan prasejahtera. Beasiswa targeted adalah beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang ingin mengambil program studi yang sesuai dengan prioritas pembangunan nasional. Beasiswa kolaborasi adalah beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang ingin mengambil program studi yang bekerjasama dengan mitra AAS, seperti Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Riset dan Teknologi, dan lain-lain.

Beasiswa AAS ditujukan untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di jenjang S1, S2, atau S3, baik di dalam maupun luar negeri. Persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh calon penerima beasiswa adalah sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia yang memiliki integritas, komitmen, dan potensi untuk menjadi pemimpin dan agen perubahan.
  2. Memiliki IPK minimal 3,00 (S1) atau 3,25 (S2) untuk beasiswa reguler dan afirmasi, atau 3,50 (S1) atau 3,75 (S2) untuk beasiswa targeted dan kolaborasi.
  3. Memiliki skor TOEFL ≥ 500 (IPBT/ITP), iBT ≥ 61, CBT ≥ 173 dan IELTS ≥ 6,0 untuk beasiswa reguler dan afirmasi, atau TOEFL ≥ 550 (IPBT/ITP), iBT ≥ 79, CBT ≥ 213 dan IELTS ≥ 6,5 untuk beasiswa targeted dan kolaborasi.
  4. Memiliki surat rekomendasi dari tokoh akademik dan non-akademik.
  5. Memiliki surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa dari lembaga lain.
  6. Memiliki surat pernyataan bersedia kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan studi dan mengabdi sesuai dengan masa bantuan beasiswa.
  7. Memiliki surat pernyataan bersedia menandatangani perjanjian penerimaan beasiswa dengan AAS.
  8. Memiliki surat pernyataan bersedia mengikuti seluruh proses seleksi dan kegiatan yang diselenggarakan oleh AAS.

Jumlah beasiswa yang diberikan oleh AAS adalah sesuai dengan kebutuhan biaya pendidikan yang meliputi biaya kuliah, biaya hidup, biaya buku, biaya penelitian, biaya asuransi kesehatan, biaya visa, biaya tiket pesawat, dan biaya lain yang relevan. Selain itu, penerima beasiswa juga mendapat kesempatan untuk mengikuti program-program pengembangan diri dan kepemimpinan yang diselenggarakan oleh AAS.

Untuk mendaftar beasiswa AAS, kamu harus mengisi formulir pendaftaran online melalui website AAS Scholarship. Kamu juga harus mengunggah dokumen-dokumen yang dibutuhkan, seperti transkrip nilai, sertifikat bahasa Inggris, surat rekomendasi, surat pernyataan, dan lain-lain. Setelah itu, kamu akan mengikuti tahapan seleksi yang terdiri dari seleksi administrasi, seleksi bakat skolastik, dan seleksi substansi.

Beasiswa AAS dibuka setiap tahun dengan periode pendaftaran yang berbeda-beda. Untuk tahun 2024, pendaftaran beasiswa AAS dibuka pada 1 Februari dan 30 April. Kamu bisa mengikuti informasi terbaru tentang beasiswa AAS melalui website AAS Scholarship atau media sosial resmi AAS.

Nah, itu dia beberapa beasiswa menarik yang bisa kamu coba. Ingat masih banyak sekali beasiswa di luar sana yang diberikan oleh pemerintah mapun swasta yang bisa kamu coba. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu kamu untuk mewujudkan impianmu. Tetap semangat dan jangan lupa untuk selalu belajar dan berkarya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, Shiners!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights