Berani Bermimpi: Panduan Pendaftaran dan Manfaat Program IISMA 2024 untuk Mahasiswa

Hai, Shiners! Apa kabar? Kali ini ada topik yang sangat menarik dan seru untuk dibahas. Topik yang dapat menginspirasi kamu untuk bermimpi mencapai masa depan yang lebih cerah dan cemerlang. Topik dapat membuka pintu peluang unik bagi kamu. Topik yang dapat mengubah hidup kamu menjadi lebih berwarna dan berkesan. Apa itu? Yup, betul sekali. Topik yang akan kita bahas kali ini adalah Program IISMA 2024!

Apa itu Program IISMA 2024? Bagaimana cara mendaftarnya? Apa manfaatnya? Kapan jadwalnya? Tenang, tenang, semua pertanyaan tersebut akan terjawab di artikel kali ini. Jadi, simak baik-baik, oke? Siapa tahu kamu bisa menjadi salah satu penerima beasiswa IISMA 2024 dan mewujudkan impian kuliah di universitas luar negeri.

Apa itu Program IISMA 2024?

Program IISMA 2024 merupakan program beasiswa kuliah di perguruan tinggi luar negeri selama satu semester yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Program ini diluncurkan pada tahun 2021 dan telah memberikan kesempatan bagi lebih dari empat ribu pelajar Indonesia untuk belajar di perguruan tinggi atau universitas terbaik di berbagai penjuru dunia.

Program IISMA 2024 merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang berfokus pada peningkatan kemampuan akademik dan juga kompetensi mahasiswa dengan Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) berupa pertukaran pelajar ke luar negeri. Program ini bertujuan untuk mengembangkan wawasan global, keterampilan lintas budaya, dan kesiapan kerja mahasiswa Indonesia.

Program IISMA 2024 menawarkan tiga jalur yang dapat digunakan mahasiswa di seluruh Indonesia, yaitu jalur reguler, afirmasi, dan co-funding. Jalur reguler adalah jalur yang diperuntukkan bagi mahasiswa jenjang sarjana (S1) dan diploma (D3/D4) yang memenuhi persyaratan akademik dan non-akademik yang ditetapkan oleh Kemendikbudristek. Jalur afirmasi adalah jalur yang diperuntukkan bagi mahasiswa jenjang sarjana (S1) dan diploma (D3/D4) yang berasal dari kelompok masyarakat tertentu yang memerlukan dukungan khusus, seperti mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu, mahasiswa difabel, mahasiswa dari daerah terpencil, perbatasan, dan kepulauan, dan mahasiswa dari daerah konflik dan bencana. Jalur co-funding merupakan metode yang ditujukan kepada mahasiswa jenjang sarjana (S1) dan diploma (D3/D4) yang bersedia membayar sebagian biaya program dengan menggunakan keuangan pribadi atau sumber lain yang sah. 

Saat ini pendaftaran program IISMA dibuka hingga 14 Februari 2024. Tahun ini program IISMA memiliki kuota sebanyak 3.000-3.300 peserta, dan 140-150 universitas mitra yang tersebar di 30 negara.

Apa manfaat Program IISMA 2024?

Program IISMA 2024 memiliki banyak manfaat yang bisa kamu peroleh selama maupun setelah mengikuti program ini. Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh:

  1. Dapat belajar di universitas luar negeri yang terakreditasi dan mempunyai reputasi baik di bidang studi kamu. Kamu dapat memilih salah satu dari lebih dari 100 universitas mitra di 26 negara yang bekerja sama dengan Kemendikbudristek. Kamu juga bisa mendapatkan pengalaman belajar yang berbeda dari sistem pendidikan di Indonesia, seperti metode pembelajaran, kurikulum, fasilitas, dan lingkungan kampus. 
  2. Bisa mendapatkan kredit akademik yang diakui oleh universitas atau perguruan tinggi asal kamu. Kamu bisa mengambil mata kuliah yang sesuai dengan program studi kamu di universitas tujuan dan mengajukan pengesahan kredit akademik ke perguruan tinggi asal kamu. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir ketinggalan kuliah atau lulus terlambat.
  3. Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya yang digunakan di universitas tujuan. Kamu dapat mempelajari bahasa tersebut secara langsung dengan berinteraksi dengan dosen, teman sekelas, dan masyarakat setempat. Kamu juga bisa mengikuti tes bahasa yang diakui secara internasional, seperti TOEFL, IELTS, atau TOEIC yang bisa menjadi nilai tambah bagi kamu di masa depan.
  4. Memperluas jaringan atau networking dan persahabatan kamu dengan orang-orang dari berbagai negara dan budaya. Kamu dapat bertemu dan berkenalan dengan mahasiswa lokal dan internasional yang memiliki minat dan tujuan yang sama dengan kamu. Kamu juga dapat mengikuti berbagai kegiatan ekstrakurikuler atau tambahan, seperti klub, organisasi, atau komunitas, yang dapat menambah pengalaman dan keterampilan kamu.
  5. Mengenal dan mengapresiasi budaya dan tradisi negara yang kamu tuju. Kamu dapat belajar tentang sejarah, geografi, politik, ekonomi, sosial dan seni di negara tujuan kamu. Kamu juga bisa mencicipi kuliner, mengunjungi objek wisata, dan merayakan hari raya libur besar di negara tujuan. Kamu bisa menjadi duta bangsa yang mengenalkan budaya Indonesia kepada dunia.
  6. Mempersiapkan diri menghadapi tantangan dan peluang era global. Kamu dapat mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja, seperti berpikir kritis, komunikasi yang baik dan efektif, kerja sama tim, kemampuan beradaptasi dan inovasi. Kamu juga dapat menemukan passion dan karir kamu di bidang yang kamu sukai. Kamu bisa menjadi agen perubahan untuk memberikan kontribusi positif bagi Indonesia dan dunia.

Apa saja syarat pendaftaran Program IISMA 2024?

Untuk mendaftar Program IISMA 2024, kamu harus memenuhi persyaratan akademik dan non-akademik yang ditetapkan oleh Kemendikbudristek. Berikut ini adalah persyaratan umum yang berlaku untuk semua jalur:

  1. Mahasiswa aktif jenjang sarjana (S1) atau diploma (D3/D4) dari perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Kemendikbudristek.
  2. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 untuk jenjang sarjana (S1) atau 2,75 untuk jenjang diploma (D3/D4).
  3. Memiliki nilai atau skor tes bahasa Inggris minimal 500 untuk TOEFL ITP, 6,0 untuk IELTS, atau 650 untuk TOEIC. Jika kamu ingin belajar di negara yang menggunakan bahasa asing selain bahasa Inggris, kamu harus memiliki nilai atau skor tes bahasa asing yang memenuhi standar yang ditetapkan oleh universitas yang bersangkutan.
  4. Memiliki surat rekomendasi dari dosen pembimbing atau ketua program studi/jurusan yang menilai kinerja dan potensi akademik kamu. Surat rekomendasi harus ditulis dalam bahasa Inggris dan menggunakan format yang ditentukan oleh Kemendikbudristek.
  5. Memiliki surat pernyataan dari orang tua atau wali yang menyetujui kamu untuk mengikuti Program IISMA 2024. Surat pernyataan harus ditandatangani dan bermaterai Rp 10.000.
  6. Memiliki surat pernyataan komitmen dan kesanggupan mendukung Program IISMA 2024 yang ditandatangani oleh ketua program studi/jurusan dan bermaterai Rp10.000.
  7. Memiliki surat pernyataan penerima beasiswa dari kemendikbudristek jika kamu terpilih sebagai penerima beasiswa IISMA 2024.
  8. Memiliki surat pernyataan belum pernah melakukan mobilitas internasional secara fisik/luring.
  9. Memiliki surat pernyataan bebas narkoba dan zat adiktif lainnya.
  10. Memiliki surat pernyataan tidak pernah terlibat dalam kekerasan seksual.

Semua dokumen persyaratan harus diunggah dalam format PDF melalui website resmi Program IISMA 2024. Kamu juga harus mengisi formulir pendaftaran online yang tersedia di website. Pastikan kamu memeriksa ulang semua data dan dokumen sebelum mengirimkan pendaftaran.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin mendaftar Program IISMA 2024. Jangan lewatkan kesempatan emas ini untuk belajar di universitas luar negeri dan mengembangkan diri. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Selamat berjuang, Shiners!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights