SNBT 2024: Apa Saja Harus Dipersiapkan?

Halo, Shiners! Sudah siap menghadapi SNBT 2024 belum nih? SNBT atau Seleksi Nasional Berbasis Tes merupakan salah satu jalur masuk universitas yang bisa kalian ikuti. SNBT menggantikan UTBK-SBMPTN yang sebelumnya digunakan sebagai salah satu jalur seleksi masuk Perguruan Tinggi Nasional (PTN). SNBT menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan portofolio buat kalian yang memilih program studi seni dan olahraga. SNBT 2024 akan dilaksanakan pada bulan Mei 2024, jadi kalian  masih punya banyak waktu untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin. Tapi, gimana sih cara belajar yang efektif untuk SNBT 2024? Sini, simak dulu!

1.      Tetapkan tujuan kamu dengan jelas dan spesifik.

Sebelum mulai belajar SNBT, sebaiknya kalian menentukan jurusan dan universitas mana yang jadi impian. Ini akan membantu kalian fokus dan motivasi kamu dalam belajar. Kalian bisa mencari tahu informasi tentang jurusan dan kampus yang diminati, seperti akreditasi, prospek kerja, biaya kuliah, dan lain-lain. Kalian juga dapat berkonsultasi dengan guru, orang tua, atau teman sudah kuliah di jurusan atau kampus yang kalian inginkan.

2.    Buat jadwal istirahat dan jadwal belajar.

Banyak pelajar yang belajar SNBT cenderung lupa istirahat. Padahal, istirahat sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Jangan biarkan diri kalian lelah, kewalahan, bahkan stres dengan belajar terlalu banyak. Kalian bisa membuat jadwal belajar yang seimbang, misalnya belajar 50 menit, lalu istirahat 10 menit atau bisa juga dengan metode Pomodoro, yaitu belajar selama 25 menit, kemudian istirahat selama 5 menit. Ulangi siklus sebanyak empat kali, lalu istirahat panjang selama 15-30 menit. Jangan lupa isi waktu istirahat kalian dengan aktivitas menyenangkan dan menyehatkan, seperti berolahraga, membaca buku, mendengarkan musik, atau bermain dengan hewan peliharaan.

3.      Pahami konsep dasar materi terlebih dahulu.

SNBT akan menguji kemampuan kamu dalam empat kategori, yaitu Tes Potensi Kognitif, Tes Penalaran Matematika, Tes Literasi Bahasa Indonesia, dan Tes Literasi Bahasa Inggris. Untuk menjawab soal SNBT, tentunya kalian harus memahami konsep dasar materinya terlebih dahulu. Jangan hanya mengandalkan hafalan atau rumus cepat, karena soal SNBT mengharuskan kalian berpikir logis, kritis, dan analitis. Konsep dasar tersebut dapat kalian pelajari dari buku, modul, atau sumber belajar online terpercaya.

4.    Jangan membandingkan diri, fokus pada kemajuan diri sendiri.

Salah satu hal yang sering membuat tertekan ketika belajar SNBT adalah membandingkan diri dengan orang lain. Kalian mungkin merasa minder atau iri dengan teman yang lebih pintar, lebih rajin, atau lebih berprestasi. Faktanya, hal ini tidak akan membantu kalian untuk belajar dengan lebih baik. Sebaliknya, kalian  harus fokus pada kemajuan dirim sendiri. Dengan begitu, kalian bisa mengevaluasi kekuatan dan kelemahan kalian. Kalian  juga bisa mencari teman belajar yang bisa mendukung dan memberi masukan. Ingat, kalian bukan hanya bersaing dengan orang lain, tapi juga dengan diri sendiri.

5.    Ikut Try Out SNBT.

Tryout SNBT merupakan cara ampuh yang bisa kalian ikuti untuk mengukur kemampuan kalian sebelum mengikuti SNBT yang sesungguhnya. Dengan mengikuti tryout, kalian dapat mengetahui jenis soal, tingkat kesulitan, dan waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan soalnya. Kalian juga bisa mengetahui skor dan peringkat kalian, sehingga kalian dapat mengevaluasi hasil belajar kalian. Tryout SNBT bisa kalian ikuti secara online maupun offline. Kalian bisa mencari informasi tentang penyelenggara try out SNBT dari sekolah, bimbingan belajar, atau media sosial.

Itulah tips belajar yang bisa kalian  lakukan untuk persiapan menghadapi SNBT 2024. Semoga tips ini bermanfaat dan membantu kalian belajar lebih baik, efektif dan efisien. Jangan lupa berdoa, berusaha dan bersyukur. Kalian  pasti bisa, Shiners!

Verified by MonsterInsights