Do & Don’ts Ketika UTBK

Halo, Shiners! Sudah siap menghadapi UTBK tahun ini? UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer merupakan salah satu jalur masuk perguruan tinggi yang paling banyak diminati oleh para siswa SMA. UTBK merupakan tes seleksi yang menguji kemampuan kognitif, penalaran matematika, literasi bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris. UTBK menjadi syarat untuk mengikuti SNBT atau Seleksi Nasional Berbasis Tes, merupakan proses seleksi masuk PTN berdasarkan dari hasil nilai UTBK.

UTBK tentu bukan hal yang mudah untuk dilalui. Perlu banyak persiapan yang harus dilakukan, mulai dari belajar materi, mengikuti try out, hingga mengatur strategi. Namun selain itu, ada juga beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat mengikuti UTBK. Hal tersebut penting untuk diperhatikan agar UTBK dapat berjalan lancar dan dapat mencapai hasil yang maksimal. Apa saja? 

Do

1. Mendaftar UTBK sesuai dengan syarat dan ketentuan

Sebelum mendaftar UTBK, pastikan memenuhi syarat dan ketentuan yang diperlukan, seperti memiliki akun LTMPT, lulusan SMA/MA/SMK/sederajat pada tahun 2022, 2023, atau 2024, atau lulusan Paket C tahun 2022, 2023, atau 2024 dengan umur maksimal 25 tahun. Jika memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio. Selain itu, kalian harus membayar biaya UTBK sesuai kelompok ujian yang dipilih.

2. Pilih program studi yang sesuai dengan minat dan bakat

UTBK membagi program studi menjadi tiga kelompok ujian, yaitu Saintek (Sains dan Teknologi), Soshum (Sosial dan Humaniora), dan Campuran. Kalian dapat memilih maksimal dua program studi dari satu atau dua kelompok ujian. Pilih program studi yang sesuai dengan minat dan bakat, serta peluang masuknya. Jangan memilih program studi karena ikut teman atau orang tua.

3. Belajar materi UTBK secara teratur dan efisien

UTBK menguji materi yang berbeda dengan ujian sekolah. Materi UTBK lebih menekankan pada pemahaman konsep, penalaran, dan literasi. Oleh karena itu, sebaiknya pelajari materi UTBK secara teratur dan efektif. Kalian dapat menggunakan sumber yang berbeda untuk belajar, seperti buku, video, aplikasi, atau situs website.

4. Mengikuti try out atau simulasi UTBK

Selain belajar materi, harus mengikuti try out atau simulasi UTBK. Try Out atau Simulasi UTBK dapat membantu mengukur kemampuan dan kesiapan dalam menghadapi UTBK. Kalian juga bisa mengetahui kelemahan dan kelebihan saat mengerjakan soal UTBK. Selain itu, kalian harus bisa beradaptasi dengan sistem UTBK yang menggunakan komputer. Kalian juga dapat mengikuti berbagai try out atau simulasi UTBK yang diselenggarakan oleh sekolah, bimbingan belajar, atau lembaga lainnya.

5. Membuat strategi mengerjakan soal UTBK

UTBK memiliki waktu yang terbatas untuk mengerjakan banyak soal. Oleh karena itu, sebaiknya mengatur strategi dalam pengerjaan soal UTBK agar tidak kehabisan waktu atau salah menjawab. Beberapa strategi yang bisa kamu gunakan adalah: baca soal dengan teliti, jawab soal yang mudah terlebih dahulu, lewati soal yang sulit atau belum pasti, dan periksa kembali jawaban sebelum ujian berakhir.

Don’t

1. Menunda untuk belajar.

Jangan menunda waktu belajar untuk UTBK. Semakin dekat UTBK, semakin banyak materi yang harus kalian pelajari. Jika kalian terus menunda waktu belajar, kalian akan merasa kewalahan dan stres. Belajarlah secara rutin dan konsisten, jangan menunggu mood atau inspirasi. Buat jadwal belajar yang realistis dan disiplinlah dalam mengikutinya.

2. Mengandalkan rumus atau hafalan

UTBK bukanlah ujian yang mengandalkan rumus atau hafalan saja, tapi UTBK juga menguji kemampuan dalam memahami konsep, bernalar, berlogika, dan berhitung cepat. Jika kalian hanya mengandalkan rumus atau hafalan akan kesulitan mengerjakan soal UTBK yang bervariasi dan menantang. Kalian harus bisa memahami konsep dasar dari setiap materi dan mampu menerapkannya dalam berbagai konteks.

3. Tidak menjaga kesehatan fisik dan mental

Kesehatan fisik dan mental merupakan salah satu faktor pendukung yang sangat penting untuk menghadapi UTBK. Jika kalian tidak menjaga kesehatan fisik dan mental, kalian akan mudah lelah, sakit, atau stres. Hal ini dapat mengganggu konsentrasi dan performa kalian saat belajar maupun mengerjakan UTBK. Oleh karena itu, kalian harus menjaga kesehatan fisik dan mental, sebaik mungkin dengan cara: tidur yang cukup, makan makanan yang bergizi, berolahraga, minum air putih, istirahat, bersosialisasi dan berdoa.

4. Melakukan kecurangan saat UTBK

Jangan pernah mencoba untuk berbuat curang saat UTBK. Kecurangan bisa berupa menyontek, membawa alat bantu, berkomunikasi dengan peserta lain, atau menggunakan jasa joki. Kecurangan bisa mengakibatkan konsekuensi yang merugikan, seperti diskualifikasi, pembatalan hasil, atau sanksi hukum. Selain itu, kecurangan juga merugikan diri sendiri, karena kalian tidak bisa mengukur kemampuan secara jujur dan adil.

5. Menyerah atau pesimis

    Terakhir, jangan pernah menyerah dan pesimis dalam menghadapi UTBK. UTBK memang tidak mudah, namun bukan berarti mustahil. Kalian harus percaya diri dan optimis bahwa kamu bisa sukses menghadapi UTBK. Jangan biarkan rasa takut, cemas, atau minder. Tetap semangat, tenang, berusaha, dan berdoa. Ingatlah, kalian tidak sendirian, banyak orang yang mendukung dan mendoakan kalian.

    Verified by MonsterInsights