Materi Fisika Kelas 10: Besaran dan Satuan

Pengenalan:

Fisika adalah ilmu yang mempelajari fenomena alam dan interaksi antara benda-benda di alam semesta. Salah satu konsep dasar dalam fisika adalah besaran dan satuan. Besaran adalah suatu hal yang dapat diukur, sedangkan satuan adalah ukuran yang digunakan untuk mengukur besaran.

Jenis-jenis Besaran:

Ada beberapa jenis besaran yang umum digunakan dalam fisika, antara lain:

1. Besaran Pokok: Besaran pokok adalah besaran dasar yang tidak dapat didefinisikan menggunakan besaran lain. Contoh besaran pokok adalah panjang, massa, dan waktu.

2. Besaran Turunan: Besaran turunan adalah besaran yang dapat didefinisikan menggunakan besaran pokok. Contoh besaran turunan adalah kecepatan, percepatan, dan energi.

Satuan:

Satuan adalah ukuran yang digunakan untuk mengukur besaran. Setiap besaran memiliki satuan yang khusus. Beberapa satuan yang umum digunakan dalam fisika antara lain:

1. Satuan Sistem Internasional (SI): Sistem Internasional adalah sistem satuan yang digunakan secara luas di seluruh dunia. Beberapa satuan SI yang umum digunakan adalah meter (m) untuk panjang, kilogram (kg) untuk massa, dan detik (s) untuk waktu.

2. Satuan Lainnya: Selain satuan SI, terdapat juga satuan lain yang digunakan dalam fisika. Misalnya, satuan liter (L) untuk volume, satuan kelvin (K) untuk suhu, dan satuan newton (N) untuk gaya.

Contoh Besaran dan Satuan:

Berikut adalah beberapa contoh besaran dan satuan yang sering digunakan dalam fisika:

1. Panjang: Satuan meter (m)

Contoh: Panjang meja adalah 1,5 meter.

2. Massa: Satuan kilogram (kg)

Contoh: Massa sebuah benda adalah 2 kilogram.

3. Waktu: Satuan detik (s)

Contoh: Waktu yang diperlukan untuk berlari 100 meter adalah 10 detik.

4. Kecepatan: Satuan meter per detik (m/s)

Contoh: Kecepatan mobil adalah 60 meter per detik.

5. Gaya: Satuan newton (N)

Contoh: Gaya yang diberikan oleh seorang atlet saat mendorong adalah 100 newton.

Kesimpulan:

Besaran dan satuan merupakan konsep dasar dalam fisika. Dengan pemahaman tentang besaran dan satuan, kita dapat melakukan pengukuran dan menganalisis fenomena alam dengan lebih baik. Penting untuk mengenal jenis-jenis besaran dan satuan yang umum digunakan dalam fisika agar dapat melakukan perhitungan dan penelitian dengan akurat.

Verified by MonsterInsights